Meski Lebih Hemat Biaya Dari Toyota Avanza Dkk, Agya Cs Mesti Minum Pertamax! - artiiramha

Breaking

Selasa, 10 Januari 2023

Meski Lebih Hemat Biaya Dari Toyota Avanza Dkk, Agya Cs Mesti Minum Pertamax!

PT Pertamina (Persero) telah siap untuk memasarkan produk bensin terbarunya merupakan Pertalite. Bensin RON 90 ini akan dijual pertamakali di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta pada Jumat (24/7/2015) mendatang. Petugas beraktivitas di SPBU Coco, Abdul Muis, Jakarta, Selasa (21/7/2015). Pada Jumat (24/7/2015) mendatang, SPBU ini siap memasarkan Pertalite RON 90.  Hasan Al Habshy/detikcom.
LCGC diusulkan menenggak BBM RON 92. (Foto: Hasan Al Habshy/detikOto)

Jakarta -

Mobil-mobil Low Cost Green Car (LCGC) memiliki banderol lebih terjangkau dibandingkan dengan segmen lainnya. Harga kendaraan beroda empat LCGC ini dibanderol mulai Rp 112 jutaan hingga paling mahal Rp 188 juta. Kalau membandingkan dengan segmen Low MPV, paling murah di kisaran Rp 200 jutaan.

Harga boleh lebih rendah, namun problem materi bakar tidak bisa disepelekan. Mobil di segmen LCGC direkomendasikan menggunakan BBM dengan kadar oktan 92 atau lebih tinggi. Dilihat detikOto dalam buku tutorial manual Toyota Agya, kendaraan beroda empat LCGC berkapasitas lima penumpang itu disarankan menggunakan materi bakar tanpa timbal dengan angka oktan 92 atau lebih tinggi.

Senada dengan Agya, Calya pun direkomendasi untuk menggunakan BBM dengan oktan minimal 92. LCGC memang diusulkan menggunakan BBM minimal RON 92 sekelas Pertamax, Shell Super, Revvo 92, dan BP 92.

Anjuran LCGC menggunakan BBM minimal RON 92 juga tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi tinggi nomor 29/IUBIT/PER/9/2014.

Tercantum dalam BAB IIIA Perilhal Penandaan, butir 4 hukum materi bakar LCGC disebutkan bahwa

Informasi penggunaan materi bakar sebagaimana dimaksud pada angka 2 karakter a selaku berikut:

- Untuk kendaraan bermotor dengan motor bakar cetus api berbunyi 'gunakan materi bakar minimal Octane Number 92, dan
- Untuk kendaraan bermotor dengan motor bakar nyala kompresi berbunyi 'gunakan materi bakar minimal Cetane Number (CN) 51.

Selain itu pada Peraturan Menteri Perindustrian No.36 tahun 2021 juga disebutkan bahwa kendaraan beroda empat LCGC diusulkan menggunakan BBM terendah beroktan 92.

"Menggunakan penandaan informasi penggunaan materi bakar dengan tingkat terendah octane number 92 untuk bensin atau cetane number 51 untuk diesel yang dicantumkan pada epilog tangki materi bakar bab dalam dan pojok bawah beling belakang," suara pasal 4 butir 6 Permenperin no.36 tahun 2021.

Beda dengan LCGC, kendaraan beroda empat Low MPV justru lebih cocok menggunakan BBM minimal RON 90. Sebut saja Avanza, Veloz, Xpander, hingga Stargazer dalam buku tutorial manual diterangkan masih kondusif menenggak BBM minimal Pertalite. Rekomendasi BBM itu telah menyesuaikan dengan spesifikasi mesin mobil, sehingga aman.



Simak Video "Pemerintah Akan Menaikkan Harga Mobil LCGC, Kaprikornus Berat buat Masyarakat?"
[Gambas:Video 20detik]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar